MODUL
AJAR SEJARAH
KELAS
X
Nama
Penyusun : M, S.Pd.
Institusi : MA
Tahun : 2023/2024
Jenjang : MA
Fase : E
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran/ Minggu
DOMAIN CP |
Elemen Pemahaman Konsep Sejarah Peserta didik mampu
memahami konsep-konsep dasar manusia, ruang, waktu, diakronis (kronologi),
sinkronis, guna sejarah, sejarah dan teori sosial, metode penelitian sejarah,
serta sejarah lokal. Melalui literasi, diskusi, kunjungan langsung ke tempat bersejarah,
dan penelitian berbasis proyek kolaboratif peserta didik mampu menganalisis
serta mengevaluasi berbagai peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia
meliputi konsep asal-usul nenek moyang dan jalur rempah di Indonesia, kerajaan
Hindu-Buddha, dan kerajaan Islam di Indonesia. Elemen Keterampilan Proses Sejarah Pada akhir fase
ini, peserta didik mampu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,
mengorganisasikan informasi, menarik kesimpulan, mengomunikasikan,
merefleksikan dan merencanakan proyek lanjutan secara kolaboratif tentang
pengantar dasar ilmu sejarah, jalur rempah dan asal usul nenek moyang bangsa
Indonesia meliputi: 1.
Penelitian sejarah lokal dimulai dari
lingkungan terdekat (sejarah keluarga, sejarah sekolah, sejarah jalur rempah
di daerah, sejarah kerajaan di daerah, dan lain-lain); mengumpulkan
sumber-sumber primer maupun sekunder melalui sarana lingkungan sekitar,
perpustakaan, dan internet; melakukan seleksi dan kritik terhadap
sumber-sumber primer maupun sekunder; melakukan penafsiran untuk
mendeskripsikan makna di balik sumber-sumber primer dan/atau sekunder; dan
menuliskan hasil penelitian dalam bentuk historiografi. 2.
Penjelasan peristiwa sejarah secara
diakronis (kronologi) yang menitikberatkan pada proses dan/atau sinkronis
yang menitikberatkan pada struktur; Penjelasan peristiwa sejarah berdasarkan
hubungan kausalitas; Mengaitkan peristiwa sejarah dengan kehidupan sehari-hari;
dan menempatkan peristiwa sejarah pada konteks zamannya. 3.
Penjelasan peristiwa sejarah dalam
perspektif masa lalu, masa kini, dan masa depan; Penjelasan peristiwa sejarah
dari pola perkembangan, perubahan, keberlanjutan, dan keberulangan. 4.
Penjelasan peristiwa sejarah dalam ruang
lingkup lokal, nasional, dan global; Mengaitkan hubungan antara peristiwa
sejarah lokal, nasional, dan global. 5.
Memaknai nilai-nilai dari peristiwa
sejarah dan dikontekstualisasikan dalam kehidupan masa kini. Mengolah
informasi sejarah secara non digital maupun digital dalam berbagai bentuk
aplikasi sejarah, rekaman suara, film dokumenter, foto, maket, vlog,
timeline, story board, infografis, videografis, komik, poster, dan lain-lain. |
TUJUAN
PEMBELAJARAN |
Menganalisis
dan mengevaluasi berbagai peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia
meliputi konsep kerajaan Islam di Indonesia secara diakronis/kronologis dan
sinkronis; dalam lingkup lokal, nasional, dan global; dalam dimensi masa
lalu, masa kini, dan masa depan; serta dari aspek perkembangan, perubahan,
keberlanjutan, dan keberulangan. |
PROFIL
PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN |
·
Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa.
Dilakukan Melalui kegiatan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran,Mengimani
segala mahluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, mensyukuri segala ciptaan Tuhan
Yang Maha Esa atas segala SDA, geografis dan masyarakat Indonesia. ·
Berkebhinekaan Global.
Dilakukan melalui sikap menghargai berbagai perkembangan agama dan budaya di
Indonesia. ·
Bernalar kritis.
Didapaati dengan mampu memproses informasi dan gagasan serta melakukan
evaluasi terhadap prosedur yang dilakukan, mampu mengemukakan pendapat
mengenai informasi maupun gagasan yang muncul setelah mempelajari proses
kedatangan dan perkembangan agama Islam di Indonesia. ·
Kreatif. Dengan
menghasilkan karya atau gagasan atau tindakan yang orisinil dalam pengerjaan
tugas-tugas yang diberikan baik dalam bentuk audio, visual, audio visual,
maupun karya tulis ·
Bergotong-royong.
Bersama-sama dalam melaksanakan dan mengerjakan tugastugas kelompok yang
diberikan, mampu berkolaborasi dalam menyelesaikan projek sederhana. |
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN |
-
Project based learning -
Discovery learning -
Diskusi |
SUMBER
BELAJAR, SARANA, DAN MEDIA PEMBELAJARAN |
·
Buku yang relevan. Poesponegoro, Marwati
Djoened dan Nugroho Notosusanto, Sejarah Nasional Indonesia jilid III,
Jakarta: Balai Pustaka, 1993, ·
Media Massa Elektronik yang relevan. ·
Video yang relevan ·
Internet, website https://crosswordlabs.com/ ·
Laptop / Smartphone ·
Alat Tulis |
PENILAIAN |
Penilaian
dilaksanakan dengan penilaiann Individu dan penilaian Kelompok Jenis
Penilaian : Penilaian
Formatif a. Individu -
Pengamatan Selama Proses Pembelajaran -
Penilaian Diri -
Lembar Kerja b. Kelompok -
Penilaian Antar Teman Penilaian
Sumatif a. Individu -
Tes Tertulis -
Tes Lisan b. Kelompok -
Hasil Unjuk Kerja -
Hasil Presentasi Kelompok |
PENGAYAAN
DAN REMEDIAL |
Pengayaan Materi pembelajaran untuk pengayaan lebih tinggi dari
materi regular. Materi dapat dikembangkan dengan meningkatkan kompleksitas
materi, mengubah metode pembelajaran, dan memberikan tes dengan soal-soal
HOTS. Remidial Materi pembelajaran untuk remedial sama dengan materi
reguler. Akan tetapi penekanan materinya hanya pada materi yang belum
dikuasai (berdasarkan identifikasi) yang akan dipelajari peserta didik
kembali. Materi dapat dimodifikasi dengan menggunakan remedial test dan
remedial teaching. Mengubah metode pembelajaran dengan pendekatan yang
lebih baik serta dengan bantuan tutor teman sebaya sehingga peserta didik
mendapat layanan dengan baik. |
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
PEMBELAJARAN |
|
KEGIATAN |
DESKRIPSI |
Pendahuluan 15 menit |
·
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai
pembelajaran ·
Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin ·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. ·
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya ·
Mengingatkan kembali materi sebelumnya
dengan bertanya pada peserta didik ·
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. ·
Menyampaikan Capaian Pembelajaran. ·
Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu: -
Menganalisis tentang bukti awal masuknya
Islam di Indonesia. -
Menganalisis berbagai teori tentang
proses masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia. ·
Memberitahukan materi pelajaran yang
akan dibahas. ·
Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. ·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
langkah-langkah pembelajaran. |
Kegiatan
Inti 60
menit |
·
Guru menyampaikan pengantar materi
tentang teori-teori masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia. ·
Guru menyampaikan konsep tugas yang akan
dikerjakan. Peserta didik diminta untuk membuat TTS melalui website. ·
Guru menjelaskan tentang durasi
penyusunan tugas. ·
Membagikan Bahan Ajar, dan tautan
sumber-sumber belajar lain yang relevan. ·
Guru membagi kelompok beranggotakan 5
peserta didik berdasarkan konten yang diminati. ·
Guru memantau keterlibatan peserta didik
dalam pengumpulan data/bahan selama proses pengerjaan tugas. ·
Guru membimbing peserta didik dalam dan
pemanfaatan sumber-sumber informasi dalam pengerjaan tugas. ·
Guru memantau keaktifan peserta didik
selama pengerjaan tugas dan memantau realisasi perkembangan dan membimbing
jika mengalami kesulitan. ·
Guru melakukan tanya-jawab kepada
peserta didik untuk mengatasi kendala yang ada. ·
Setelah hasil kerja selesai, tiap
kelompok saling bertukar TTS. |
Penutup 15
menit |
·
Guru dan peserta didik melakukan
refleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. ·
Guru memberikan penghargaan dan
penguatan peserta didik atas kinerja dan kerja sama yang baik. ·
Guru membimbing peserta didik untuk
membuat kesimpulan tentang pembelajaran hari ini. ·
Melakukan penutupan dengan salam
penutup, memnjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk menutup
pembelajaran. |
ASESMEN
Lembar
Refleksi Diri (Sikap) Peserta Didik |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
Isikan identitas Anda! 2.
Berikan tanda centang (√) pada kolom (1) =
Tidak Setuju, (2) Kurang Setuju, (3) Setuju, (4) Sangat Setuju jika sikap
yang ada dalam pernyataan sesuai dengan sikap Anda! 3.
Isilah pernyataan tersebut dengan jujur! Nama: ............................ Kelas:
........................
|
Lembar
Refleksi Diri (Pengetahuan dan Keterampilan) Peserta Didik |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
Isikan identitas peserta didik! 2.
Berikan tanda centang (√) pada kolom (1) =
Tidak Setuju, (2) Ragu-ragu, (3) Setuju, (4) Sangat Setuju jika sikap yang
ada dalam pernyataan sesuai dengan sikap peserta didik! 3.
Isilah pernyataan tersebut dengan jujur! Nama: ............................ Kelas:
........................
|
TES
FORMATIF |
1. Berdasarkan
batu nisan kuno yang ditemukan di Indonesia, diperkirakan agama Islam dibawa
masuk oleh pedagang dari ... A. Arab B.
Gujarat C. Persia D. Cina E. Turki 2. Tokoh
yang berpendapat bahwa Islam di Indonesia berasal dari Persia adalah ... A. Hamka B.
Husein
Djajadiningrat C. Snouck
Hurgronje D. Fatimi E. Krom 3. Bukti
sejarah bahwa Islam masuk ke Indonesia sekitar abad ke-13 masehi adalah ... A.
Batu
nisan Sultan Malikul al-Saleh dari Samudra Pasai B. Catatan
Hsin-tangshu dari dinasti Tang di Tiongkok C. Tradisi
Tabot di Pariaman Sumatera Barat D. Masjid
menara Kudus di Jawa Tengah E. Adanya
perkampungan Leren/Leran di Gresik 4. Penyebaran
Islam di Indonesia salah satunya melalui jalur ... A. Peperangan B. Perdamaian C. Pertanian D.
Perdagangan E. Perburuhan 5. Dalam
melakukan penyebaran agama Islam di Indonesia, banyak cara yang dilakukan,
salah satunya adalah perkawinan. Proses Islamisasi yang dilakukan melalui
perkawinan dengan Tumenggung Wilatika, yaitu Nyai Gede Manila adalah ... A. Sunan
Muria B. Sunan
Kudus C. Sunan
Bonang D.
Sunan
Ampel E. Sunan
Drajad |
Kauman, 1
Februari 2024
Mengetahui,
Kepala MA Guru
Mata Pelajaran
M M,
S.Pd.
NIP.- NIP.-
0 comments:
Posting Komentar